logo mahkamah agung website ramah difable

Proses Berperkara RESUME IKM

RESUME LAPORAN HASIL SURVEY IKM PENGADILAN NEGERI KABUPATEN KEDIRI

RESUME LAPORAN HASIL SURVEY IKM

PENGADILAN NEGERI KABUPATEN KEDIRI

Semester II tahun 2018 ( Juni– Desember 2018)

Pelaksanaan hasil Survey IKM tanggal 02Oktober– 5November 2018

1.   Survey Kepuasan Pelanggan

Pada tanggal 02 November – 5 Desember 2018Pengadilan Negeri Kab.Kediri telah melaksanakan survey kepuasan pelanggan dengan metode Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebagaimana diatur dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor KEP/25/M.PAN/2/2004. Survey dilaksanakan di kantor Pengadilan Negeri Kabupaten Kediri i, yang menjadi obyek survey adalah pencari keadilan, Polisi, Jaksa, Pengacara, petugas LP dan BAPAS, Notaris, wiraswasta/usahawan, pedagang, pelajar/mahasiswa dll. Setelah dilaksanakan survey, persepsi masyarakat terhadap layanan yang diberikan oleh Pengadilan Negeri Kabupaten Kediri, yaitu :

  • Kuesioner yang terkumpul dan terisi dengan lengkap sejumlah 150 Responden. Berdasarkan survei kepuasan masyarakat di Pengadilan Negeri Kabupaten Kediri dan hasil analisis data yang telah dilakukan diketahui bahwa Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pada Pengadilan Negeri Kabupaten Kediri sebesar 78,89% berada pada kategori “BAIK” (pada interval 62,51 s/d 81,25).Adapun capaian yang diharapkan pada sasaran mutu Pengadilan Negeri KabupatenKediri yang telah ditetapkan sebesar 78%. Hasil tersebut berada diatas sasaran mutu yang ditetapkan Pengadilan Negeri Kabupaten Kediri. Dibandingkan dengan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pada Pengadilan Negeri Kabupaten Kediri periode Mei – Juni 2018 sebesar 78,50 % maka hasil pada periode ini mengalami kenaikan sebesar 0,39 %.
  • Hasil IKM tersebut di atas, terdiri dari sebelas ruang lingkup, analisis selanjutnya adalah mendeskripsikan hasil analisis terhadap ke sembilan ruang lingkup tersebut.
  • Dari hasil IKM tersebut ada 3 (tiga) komponen yang mendapatkan penilaian yang sangat baik dari masyarakat pengguna layanan Pengadilan Negeri Kabupaten Kediri yaitu Persyaratan, Prosedur, dan Kenyamanan Lingkungan, Sarana Prasaranasedangkanurutan yang terendah adalah ditempati oleh Waktu Pelayanan sertaBiaya dan Tarif.
  • Dari hasil Survei Kualitatif di dapatkan saran dan perbaikan serta keluhan masyarakat pengguna layanan diantaranya : masalah waktu jadwal sidang supaya disesuaikan, waktu pelayanan, pengambilan salinan putusan, penerbitan surat keterangan, pelayanan di meja informasi menggunakan nomor urut, agar pada masing-masing bagian memberikan pelayanan yang ramah. Bahwa pada ruang lingkup Panduan Informasi menduduki peringkat terendah namun dalam saran hasil survei tidak didapat saran dari responden menyangkut hal tersebut;
  • 2. Rekomendasi:

    Bahwa berdasarkan hasil IKM urutan yang terendah adalah ditempati oleh komponenWaktu Pelayanan, maka mengingat Waktu Pelayanan terkait persidangan melibatkan pihak ketiga (Kejaksaan, Lapas / Rutan, PH dan BAPAS) hal tersebut akan di koordinasikan dengan instansi terkait oleh pimpinan untuk dicarikan solusinya,.

    Bahwa kepada jajaran manajemen dan seluruh pegawai di Pengadilan NegeriKab. Kediri, hendaknya meningkatkan pelayanannya khususnya pada ruang lingkup Waktu Pelayanan,berdasarkan hasil survei ini, ruang lingkup tersebut berada pada kategoribaik, namunberadapadaurutan yang terendah.
  • Dokumentasi selama acara berlangsung dapat dilihat pada:Galeri Pengadilan.

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI

Kunjungi


Perkara Pidana Lalu-Lintas "TILANG" Diputus Setiap Hari Kamis - Silahkan Ceck di tilang.pn-kedirikab.go.id